RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
  1. Nama Sekolah          :      
  2. Mata Pelajaran         :         Kewirausahaan
    1. Kelas/Semester        :         XI / 2 (dua)
    2. Alokasi Waktu           :         2  jam @ 40 menit ( 4 kali pertemuan )
    3. Standar Kompetensi   :         Merencanakan Usaha Kecil/Mikro
    4. Kompetensi dasar     :         Menganalisis Peluang Usaha
    5. Kode kompetensi      :         3.1
    6. Aspek Kecakapan      :         Kreatif, Inovatif, berani menanggung resiko
Hidup / Karakter
  1. KKM                       :         65
Indikator                      :
  1. Menganalisis peluang usaha berdasarkan jenis usaha (jasa, daganag, dan industri)
  2. Menganalisis pangsa pasar (minat dan daya beli konsumen)
  3. Menangkap peluang usaha
  4. Memanfaatkan serta mengembangkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif
  5. Menganalisis faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
  6. Memetakan dan menentukan peluang usaha terbaik
  1. Tujuan Pembelajaran :
    1. Setelah melakukan pengamatan peluang usaha, siswa dapat mengidentifikasi peluang usaha
    2. Setelah peluang usaha teridentifikasi, siswa dapat mengembangkan peluang usaha
    3. Siswa dapat menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan usaha
    4. Siswa dapat memetakan peluang usaha
    5. Siswa dapat menentukan peluang usaha terbaik
  1. Materi
    1. Peluang dan resiko usaha
    2. Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
    3. Berani memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif
  1. Metode Pembelajaran
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas
  1. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
  1. Pendahuluan
  • Membuka pelajaran dengan memberi salam dan mengecek kesiapan siswa
  • Presensi (dapat dilakukan di dalam kegiatan inti) dan apersepsi
  • Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai, tehnik penilaian yang digunakan serta kegiatan yang akan dilaksanakan
  • Peserta didik diberikan penjelasan tentang strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari
  • Peserta didik memperoleh modul
  • Guru membagi kelompok diskusi, masing-masing kelompok maksimal 7 orang
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
  • Siswa membaca modul
  • Siswa menggali berbagai informasi tentang peluang usaha
Elaborasi
  • Secara berkelompok siswa melakukan diskusi tentang peluang usaha yang telah mereka amati
  • Siswa membuat kesimpulan tentang pemanfaatan peluang usaha secara kreatif dan inovatif
  • Siswa membuat kesimpulan tentang resiko usaha yang akan dihadapi
  • Siswa dapat menentukan faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan dalam pemanfaatan peluang usaha
Konfirmasi
  • Presentasi dan tanggapan hasil diskusi antar kelompok
  1. Penutup
    1. Guru menunjuk beberapa siswa untuk memberi kesimpulan akhir tentang peluang usaha
    2. Guru memberi penguatan dan menyimpulkan tentang peluang usaha
Pertemuan kedua
Melaksanakan evaluasi :
  • Tertulis                                                                             : 30%
  • Observasi kinerja                                                                :  40%
  • Kreatif, inovatif, berani menanggung resiko                               :  30%
  1. Alat, bahan, dan sumber belajar
Peralatan yang digunakan     : LCD atau OHP
Bahan                              : buku penunjang
Sumber belajar                   : pelaku usaha / wirausahawan  dan modul
  1. Penilaian
    1. Tertulis
Cek poin
  1. Usaha yang memberi peluang untuk maju dapat diidentifikasi sebagai usaha yang mampu….
    1. Melakukan produksi
    2. Melaksanakan penjualan
    3. Meraih keuntungan
    4. Memperoleh pinjaman
    5. Merugikan pemilik
    6. Mengidentifikasi peluang usaha dapat dilakukan dengan menyimak hasil usaha pokok, kecuali…
      1. Sumber daya alam
      2. Kedudukan sumber daya alam
      3. Profitabilitas
      4. Keuangan
      5. Tanggung jawab sosial
      6. Untuk menciptakan usaha baru perlu adanya…
        1. Alat
        2. Inovasi
        3. Penemuan
        4. Pengembangan
        5. Duplikasi
        6. Bentuk usaha yang sudah ada biasanya dikembangkan melalui adanya….
          1. Kreatifitas
          2. Penambahan
          3. Penemuan
          4. Inovasi
          5. Kepemilikan
  1. Menangkap peluang usaha, bagi seseorang yang menguasai bidanng perawatan, maka dapat dikatakan menangkap peluang usaha dalam…
    1. Kesehatan
    2. Hiburan
    3. Jasa pelayanan
    4. Bisnis perantara
    5. Pertanian
    6. Kunci peluang bisnis atau usaha membutuhkan…
      1. Kecakapan dan ketekunan
      2. Sikap arif dan bijaksana
      3. Kecakapan, ketekunan, dan sikap arif
      4. Kecakapan, ketekunan, dan sikap bijaksana
      5. Kecakapan, ketekunan, sikap arif dan bijaksana
      6. Peluang usaha sebenarnya banyak dan menguntungkan, dengan syarat wirausahawan…
        1. Ulet dan kerja keras
        2. Percaya pada kemampuan
        3. Ulet, kerja keras dan percaya pada kemampuan
        4. Ulet dan percaya pada kemampuan
        5. Kerja keras dan percaya pada kemampuan
        6. Kunci peluang usaha atau bisnis sebenarnya terletak pada…
          1. Pasar
          2. Keadaan perekonomian
          3. Kebijaksanaan pemerintah
          4. Wirausahawan sendiri
          5. Kelemahan pesaing
          6. Mengidentifikasi peluang bisnis bukanlah merupakan peluang jika…
            1. Menentukan tindakan yang layak untuk mewujudkannya
            2. Menentukan cara berbisnis dengan relasi
            3. Sanggup menemukan tindakan yang mungkin mewujudkannya
            4. Sanggup menemukan tindakan yang mungkin dan layak untuk mewujudkannya
            5. Tidak sanggup menemukan tindakan yang mungkin dan layak untuk mewujudkannya
            6. Sumber gagasan yang mencakup pemasaran usaha baru, yang perlu dipelajari adalah memunculkan pengamatan dengan cara….
              1. Mempertimbangkan resiko usaha
              2. Menciptakan produk yang baru dan berbeda
              3. Mengamati pintu peluang
              4. Menganalisis pasar
              5. Menganalisis produk
Essai
  1. Berilah contoh peluang-peluang usaha yang menguntungkan di sekitar kita !
  2. Jelaskan kunci peluang usaha atau bisnis bagi wirausaha agar berhasil !
  3. Sebutkan cara mengidentifikasi peluanng usaha menurut Dr. DJ. Scwartz !
  4. Jelaskan bagaimana pengalaman hidup dalam mempengaruhi akses seseorang terhadap informasi sehingga timbul peluang usaha !
  1. Observasi kinerja
Disiapkan  :   Format daftar pertanyaan yang akan diberikan kepada pelaku
usaha  sesuai dengan yang diamati oleh masing-masing siswa
dalam kelompok berkaitan dengan peluang usaha yang mereka
tekuni
Tugas Siswa : Siswa mencari data tentang peluang usaha yang berkaitan dengan
faktor-faktor keberhasilan dan kegagalannya
(Form observasi kinerja : kreatif, inovatif, berani menanggung resiko)
Mengetahui
Kepala SMK YAPPI  Wonosari                                Guru Mata Pelajaran
Drs. H.M. Zabidi Wardani, M.Pd.I                      Marsono, SE
Lampiran
  1. Format observasi kinerja
NoNama siswa
Daftar pertanyaan
Nilai akhir
Apa nama usaha dan kapan didirikan serta alasan memilih usaha tersebut?Apa keunggulan bidang usaha yang digeluti dibanding dengan bidang usaha yang lain?Bagaimana mengatasi hambatan usaha yang selama ini terjadi ?Bagaimana anda mengembangkan usaha anda dan bagaimana proyeksi masa depan usaha anda?Beberapa pertanyaan tambahan yang merupakan kreatifitas siswa sesuai kondisi wirausaha yang diamati
1
2
3
4
5
dst
Catatan : Nilai akhir : jumlah score  dibagi 5 (setiap indikator score dinilai 100).
  1. Format penilaian aspek kecakapan hidup / karakter :
Kreatif, inovatif, berani menanggung resiko
NoNama siswaKreatif Inovatif Berani menanggung resiko Nilai akhir
12345nilai12345nilai12345nilai
Nilai masing-masing indikator :
Jika score 5 maka nilai 100                           Nilai akhir diperoleh dari masing-masing score
Jika score 4 maka nilai 80
Jika score 3 maka nilai 60
Jika score 2 maka nilai 40
Jika score 1 maka nilai 20
REKAP HASIL BELAJAR SISWA
No Nama Tertulis30%Observasi kinerja40%Karakter dan sikap30%Nilai akhirKD
1
2
3
4
dst

Komentar

Postingan Populer