RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
- Nama Sekolah :
- Mata Pelajaran : Kewirausahaan
- Kelas/Semester : XI / 2 (dua)
- Alokasi Waktu : 2 jam @ 40 menit ( 4 kali pertemuan )
- Standar Kompetensi : Merencanakan Usaha Kecil/Mikro
- Kompetensi dasar : Menganalisis Peluang Usaha
- Kode kompetensi : 3.1
- Aspek Kecakapan : Kreatif, Inovatif, berani menanggung resiko
Hidup / Karakter
- KKM : 65
Indikator :
- Menganalisis peluang usaha berdasarkan jenis usaha (jasa, daganag, dan industri)
- Menganalisis pangsa pasar (minat dan daya beli konsumen)
- Menangkap peluang usaha
- Memanfaatkan serta mengembangkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif
- Menganalisis faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
- Memetakan dan menentukan peluang usaha terbaik
- Tujuan Pembelajaran :
- Setelah melakukan pengamatan peluang usaha, siswa dapat mengidentifikasi peluang usaha
- Setelah peluang usaha teridentifikasi, siswa dapat mengembangkan peluang usaha
- Siswa dapat menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan usaha
- Siswa dapat memetakan peluang usaha
- Siswa dapat menentukan peluang usaha terbaik
- Materi
- Peluang dan resiko usaha
- Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
- Berani memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif
- Metode Pembelajaran
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas
- Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
- Pendahuluan
- Membuka pelajaran dengan memberi salam dan mengecek kesiapan siswa
- Presensi (dapat dilakukan di dalam kegiatan inti) dan apersepsi
- Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai, tehnik penilaian yang digunakan serta kegiatan yang akan dilaksanakan
- Peserta didik diberikan penjelasan tentang strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari
- Peserta didik memperoleh modul
- Guru membagi kelompok diskusi, masing-masing kelompok maksimal 7 orang
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Siswa membaca modul
- Siswa menggali berbagai informasi tentang peluang usaha
Elaborasi
- Secara berkelompok siswa melakukan diskusi tentang peluang usaha yang telah mereka amati
- Siswa membuat kesimpulan tentang pemanfaatan peluang usaha secara kreatif dan inovatif
- Siswa membuat kesimpulan tentang resiko usaha yang akan dihadapi
- Siswa dapat menentukan faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan dalam pemanfaatan peluang usaha
Konfirmasi
- Presentasi dan tanggapan hasil diskusi antar kelompok
- Penutup
- Guru menunjuk beberapa siswa untuk memberi kesimpulan akhir tentang peluang usaha
- Guru memberi penguatan dan menyimpulkan tentang peluang usaha
Pertemuan kedua
Melaksanakan evaluasi :
- Tertulis : 30%
- Observasi kinerja : 40%
- Kreatif, inovatif, berani menanggung resiko : 30%
- Alat, bahan, dan sumber belajar
Peralatan yang digunakan : LCD atau OHP
Bahan : buku penunjang
Sumber belajar : pelaku usaha / wirausahawan dan modul
- Penilaian
- Tertulis
Cek poin
- Usaha yang memberi peluang untuk maju dapat diidentifikasi sebagai usaha yang mampu….
- Melakukan produksi
- Melaksanakan penjualan
- Meraih keuntungan
- Memperoleh pinjaman
- Merugikan pemilik
- Mengidentifikasi peluang usaha dapat dilakukan dengan menyimak hasil usaha pokok, kecuali…
- Sumber daya alam
- Kedudukan sumber daya alam
- Profitabilitas
- Keuangan
- Tanggung jawab sosial
- Untuk menciptakan usaha baru perlu adanya…
- Alat
- Inovasi
- Penemuan
- Pengembangan
- Duplikasi
- Bentuk usaha yang sudah ada biasanya dikembangkan melalui adanya….
- Kreatifitas
- Penambahan
- Penemuan
- Inovasi
- Kepemilikan
- Menangkap peluang usaha, bagi seseorang yang menguasai bidanng perawatan, maka dapat dikatakan menangkap peluang usaha dalam…
- Kesehatan
- Hiburan
- Jasa pelayanan
- Bisnis perantara
- Pertanian
- Kunci peluang bisnis atau usaha membutuhkan…
- Kecakapan dan ketekunan
- Sikap arif dan bijaksana
- Kecakapan, ketekunan, dan sikap arif
- Kecakapan, ketekunan, dan sikap bijaksana
- Kecakapan, ketekunan, sikap arif dan bijaksana
- Peluang usaha sebenarnya banyak dan menguntungkan, dengan syarat wirausahawan…
- Ulet dan kerja keras
- Percaya pada kemampuan
- Ulet, kerja keras dan percaya pada kemampuan
- Ulet dan percaya pada kemampuan
- Kerja keras dan percaya pada kemampuan
- Kunci peluang usaha atau bisnis sebenarnya terletak pada…
- Pasar
- Keadaan perekonomian
- Kebijaksanaan pemerintah
- Wirausahawan sendiri
- Kelemahan pesaing
- Mengidentifikasi peluang bisnis bukanlah merupakan peluang jika…
- Menentukan tindakan yang layak untuk mewujudkannya
- Menentukan cara berbisnis dengan relasi
- Sanggup menemukan tindakan yang mungkin mewujudkannya
- Sanggup menemukan tindakan yang mungkin dan layak untuk mewujudkannya
- Tidak sanggup menemukan tindakan yang mungkin dan layak untuk mewujudkannya
- Sumber gagasan yang mencakup pemasaran usaha baru, yang perlu dipelajari adalah memunculkan pengamatan dengan cara….
- Mempertimbangkan resiko usaha
- Menciptakan produk yang baru dan berbeda
- Mengamati pintu peluang
- Menganalisis pasar
- Menganalisis produk
Essai
- Berilah contoh peluang-peluang usaha yang menguntungkan di sekitar kita !
- Jelaskan kunci peluang usaha atau bisnis bagi wirausaha agar berhasil !
- Sebutkan cara mengidentifikasi peluanng usaha menurut Dr. DJ. Scwartz !
- Jelaskan bagaimana pengalaman hidup dalam mempengaruhi akses seseorang terhadap informasi sehingga timbul peluang usaha !
- Observasi kinerja
Disiapkan : Format daftar pertanyaan yang akan diberikan kepada pelaku
usaha sesuai dengan yang diamati oleh masing-masing siswa
dalam kelompok berkaitan dengan peluang usaha yang mereka
tekuni
Tugas Siswa : Siswa mencari data tentang peluang usaha yang berkaitan dengan
faktor-faktor keberhasilan dan kegagalannya
(Form observasi kinerja : kreatif, inovatif, berani menanggung resiko)
Mengetahui
Kepala SMK YAPPI Wonosari Guru Mata Pelajaran
Drs. H.M. Zabidi Wardani, M.Pd.I Marsono, SE
Lampiran
- Format observasi kinerja
No | Nama siswa |
Daftar pertanyaan
| Nilai akhir | ||||
Apa nama usaha dan kapan didirikan serta alasan memilih usaha tersebut? | Apa keunggulan bidang usaha yang digeluti dibanding dengan bidang usaha yang lain? | Bagaimana mengatasi hambatan usaha yang selama ini terjadi ? | Bagaimana anda mengembangkan usaha anda dan bagaimana proyeksi masa depan usaha anda? | Beberapa pertanyaan tambahan yang merupakan kreatifitas siswa sesuai kondisi wirausaha yang diamati | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
3 | |||||||
4 | |||||||
5 | |||||||
dst |
Catatan : Nilai akhir : jumlah score dibagi 5 (setiap indikator score dinilai 100).
- Format penilaian aspek kecakapan hidup / karakter :
Kreatif, inovatif, berani menanggung resiko
No | Nama siswa | Kreatif | Inovatif | Berani menanggung resiko | Nilai akhir | |||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | nilai | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | nilai | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | nilai | |||
Nilai masing-masing indikator :
Jika score 5 maka nilai 100 Nilai akhir diperoleh dari masing-masing score
Jika score 4 maka nilai 80
Jika score 3 maka nilai 60
Jika score 2 maka nilai 40
Jika score 1 maka nilai 20
REKAP HASIL BELAJAR SISWA
No | Nama | Tertulis30% | Observasi kinerja40% | Karakter dan sikap30% | Nilai akhirKD |
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 | |||||
dst |
Komentar
Posting Komentar